Dari Bandung ke Jakarta Enaknya Naik Bus Primajasa

Setiap pergi ke Jakarta, bus Primajasa selalu menjadi favorit saya. Nyaman, soalnya. Di dalam bus, meskipun masih di dalam terminal Leuwipanjang, tidak ada satu pun penjual barang yang masuk. Sebanding dengan harga tiketnya Rp 45.000,- atau Rp 50.000,- Kalau beberapa merek bus yang lain kan nggak begitu.

Meskipun ke daerah-daerah lain di Jakarta, saya sering naik bus Primajasa trayek Bandung-Lebakbulus meskipun turunnya di Jalan Pasar Rebo. Bus Primajasa ini biasa berjalan dari Terminal Leuwipanjang (Bandung) ke Terminal Lebakbulus (Jakarta). Dari jalan kota, jalan tol, dan jalan kota lagi.

Nah, ketika di Jakarta itulah, bus Primajasa keluar jalan tol lebih dahulu untuk menepikan para penumpang yang hendak pergi ke daerah-daerah lainnya di Jakarta. Bus Primajasa keluar di Pasar Rebo (Jalan Raya Bogor-Jakarta). Di Pasar Rebo inilah tersedia beberapa angkot. Bahkan ketika saya hendak pergi ke Terminal Kampung Rambutan (Jakarta), saya jarang naik bus dari Terminal Leuwipanjang (Bandung) ke Terminal Kampung Rambutan (Jakarta). Cukup di Pasar Rebo naik angkot saja menuju Terminal Kampung Rambutan. Toh harga tiket bus tidak jauh berbeda.

Setelah menepikan penumpang di Pasar Rebo, bus Primajasa masuk lagi ke jalan tol untuk melanjutkan perjalanan menuju Terminal Lebakbulus.

Ada satu pengalaman saya. Ketika naik bus Primajasa dari Bandung ke Jakarta, saya dan beberapa penumpang lain pernah diturunkan di dekat pintu tol (di kawasan Pasar Rebo). Artinya, bus Primajasa yang saya naiki tidak ke Pasar Rebo dahulu, tetapi tetap melanjutkan perjalanan di jalan tol. Namun, ini hanya sekali-kalinya pengalaman saya. Jadi, jarang-jarang atau tidak sering. Karena biasanya, bus Primajasa memang selalu ke Pasar Rebo lebih dahulu.

108 responses

  1. sintia lisdayanti | Balas

    assalam, mau tanya kalo dari pasar rebo ke terminal kampung rambutan naik angkot apa yaa? thx.

    1. Waalaikumussalam. Dari PasarRebo (perempatan Jalan Raya Bogor) ke Terminal Kampung Rambutan, saya biasa naik angkot Kampung Rambutan-Depok. Naiknya bisa di Jalan Raya Bogor dan bisa juga di pinggir kios buah-buahan.

  2. kalo leuwi panjang – kampung rambutan harga tiketnya ada gak? gak ada bis yg lewat ke ancol ya. saya mau ke meis. makasih :)

    1. Ketika pergi subuh, selain bus Bdg (Lwpanjang)-Lbkbulus, saya pernah lihat Primajasa Lwpanjang-Kprambutan. Lalu, kalau tdk salah, ada bus Kprambutan-Ancol.

  3. dari leuwipanjang itu berangkatnya jam berapa aja???

    1. Jadwalnya satu jam sekali. Maaf, saya tidak terlalu detail. Namun, saya pernah mengalami berangkat setelah adzan subuh. Juga, pernah lihat sampai pemberangkatan jam 9-10 malam. Kalau untuk bus yang lain (masih ke Jakarta), saya pun pernah mengalami pemberangkatan pada jam dini hari, seperti jam 12 malam, jam 1 malam/dini hari, dan bahkan pada jam 3 subuh. Itu pengalaman saya.

      1. Mas, plis primajasa dari leuwi panjang pasti kah ada yang jam 10? Saya masih ragu, sempat bertanya ke kawan katanya dari leuwipanjang hanya sampai maghrib, paling akhir jam 7.

      2. Mas, plis primajasa dari
        leuwi panjang pasti kah
        ada yang jam 10? Saya
        masih ragu, sempat
        bertanya ke kawan
        katanya dari leuwipanjang
        hanya sampai maghrib,
        paling akhir jam 7.

      3. Saya mau dari bandung ke jakarta andaikan ada ke priok atau tidak pulogadung. Sekitar pukul 10 malam primajasa dari leuwipanjang ada kah? Terima kasih

  4. makasih sharingnya yah

  5. Dari jaln gatot subroto tpatnya trns studio ke lwpnjang jauh atau dekat

    1. Relatif jauh. Kalau perjalanan naik kendaraan antara satu setengah hingga dua jam. Termasuk jalur ramai dan macet.

  6. ass. mau nanya. kalo dari bandung ke jl. mayjen suttoyo cililitan, pake bus apa ya? trims

    1. Terima kasih, pertanyaan ini sebetulnya mengingatkan saya kembali. Saat itu saya menulis Pool bus Primajasa di Jalan M.T. Haryono. Padahal Jalan Mayjend Sutoyo. (Judul salah satu tulisan tersebut lupa diganti. Nanti saya cek lagi)

      Kalau pakai bus ke Cililitan, saya tidak pernah. Biasanya kalau dari Bandung, turun di kawasan Pasar Rebo (Jalan Raya Bogor), saya naik angkot 06 A. Angkot tersebut lewat Cililitan.

      1. naiknya dari terminal leuwi panjangkah?
        ongkosnya yg ekonomi brp ya? thanks

      2. Ya, naiknya di Terminal Leuwipanjang. Untuk bus ekonomi Bandung-Jakarta, saya sudah lama tidak mengalaminya lagi. Soalnya kebanyakan lewat Puncak. Lama. (Kalau tidak butuh waktu atau santai, mungkin saya senang lewat Puncak).

        Kalau bus Primajasa ke Jakarta hanya ada Patas dan Patas Executive. Seat-nya 2-2, tentu ber-AC, dan bedanya ada pada toilet.

        Kalau bus ekonomi, busnya “banyak”, tergantung merek (kalau tidak salah ada empat merek). Soal ongkos, cukup bervariasi (tetapi tidak jauh berbeda). Bus ekonomi ini ada AC dan non-AC. Seat-nya sama, 2-3.

        Dulu, ongkosnya antara Rp 25 ribu s.d. Rp 35 ribu. Setelah BBM naik mungkin tinggal ditambah Rp 10 ribu. Demikian. Trims.

  7. klo ke jlan medan merdeka (bappeda) enaknya gmana dn bis prima jasa ada g?

    1. Mohon maaf, saya belum bisa bantu karena tidak tahu. Kalau naik bus Primajasa (atau merek lainnya) biasanya untuk ke suatu daerah (kota). Ketika sudah berada di suatu kota, barulah saya naik kendaraan umum lainnya. [Seingat saya, saya pernah melewati kawasan Medan Merdeka ketika naik bus di Terminal Senen, tetapi lupa trayek busnya.] Semoga ada pengunjung lain yang bisa membantu….

  8. kalau malam enaknya k mangga dua yg jurusan apa?

    1. Maaf, kalau untuk Jakarta, saya tidak begitu tahu. [Saya pernah ke kawasan Mangga Dua. Seingat saya, saat itu saya naik bus Kopaja di Terminal Lebakbulus. Saya tidak tahu apakah pada waktu malam masih ada atau tidak bus yang melewat ke kawasan dimaksud.]

  9. klo dari terminal kampung rambutan mau ke lebak bulus naik apa ya?

    1. naik bus kowanbisata ada kok yg warna kuning.kl ga salah nomernya 509 :)

      1. Ya, saya kira demikian. Saya juga pernah naik “mikro bus” Kowanbisata trayek Lebakbulus-Kampung Rambutan. Warnanya kuning-hijau (warna dasarnya kuning. Kalau hijau hanya sedikit). Nomor trayeknya 509. Saya ingat betul, bus ini masuk ke jalur tol T.B. Simatupang.

  10. kalo mau k trans studio dr terminal leuwi panjangnya naik apa ya? trus dr kp. rambutan ke leuwi panjangnya brp jam ya?thx :)

    1. Di Bandung:

      Coba saja naik angkot Cicaheum-Cibaduyut. [Ini termasuk angkot aneh karena faktanya trayek Leuwipanjang-Kiaracondong :)] Naiknya bisa di dalam Terminal Leuwipanjang (bukan di tempat bus-bus AKDP/AKAP) atau lebih baik di luar Terminal Leuwipanjang (Jalan Soekarno-Hatta). Setelah naik angkot Cicaheum-Cibaduyut, turun di perempatan Jalan Kiaracondong/Jalan Gatot Subroto. Di perempatan ini naik angkot Abdul Muis-Cicaheum atau Cicadas-Elang. Tinggal turun di Trans Studio.

      Daripada “kesal” naik angkot Cicaheum-Cibaduyut, lebih enak naik bus kota DAMRI Dago-Leuwipanjang. Di depan Terminal Stasiun Bandung (Jalan Suniaraja), naik angkot Cicadas-Elang. Tinggal turun di Trans Studio.

      Atau kalau mau yang lebih jauh, naik bus Cicaheum-Leuwipanjang. Turun di Terminal Cicaheum. Di Terminal Cicaheum, naiklah angkot Abdul Muis-Cicaheum. Tinggal turun di Trans Studio.

      Di Jakarta:

      Pada umumnya, bus-bus Jakarta-Bandung melintas jalan tol Cipularang-Padaleunyi sekitar dua jam. Yang lama itu di jalan-jalan kotanya. Artinya, sebelum masuk dan keluar pintu tol. Khusus untuk bus-bus di Terminal Kampung Rambutan, saya pernah naik bus-bus ekonomi dengan waktu ngetem 1-2 jam. Misalnya masuk bus jam 08.00 WIB, eh baru berangkat pukul 09.30 WIB atau 10.00 WIB. Itu pun kalau belum penuh, kadang cari penumpang dulu di luar. Perhatikan saja, setelah keluar dari pintu gerbang Terminal Kampung Rambutan, bus-bus ekonomi ini masih ngetem (sebentar) di jalan putaran. Orang menyebutnya jalan baru.

      Kalau bus-bus Patas biasanya 30 menit atau satu jam sekali. Lancar. Kalaupun cari penumpang di luar, bus-bus Patas ini tidak seperti bus-bus ekonomi.

      Karena ngetem-nya itulah, saya sudah jarang naik di Terminal Kampung Rambutan, tetapi naik di luar pintu gerbang Kampung Rambutan atau bahkan di belokan jalan baru.

  11. Ria Purnamasari | Balas

    Perjalanan naik bis dari bandung ke jakarta kalau saya berangkat jam 5 subuh kira2 sampai berapa jam? Kalau menuju jalan pasar minggu dari lebak bulus jauh g? emergency

    1. Tergantung. Tidak ada yang pasti. Misal, Senin kan hari sibuk warga Bandung atau kota-kota lainnya yang menuju Jakarta. Bisa beda dengan Selasa misalnya. [Bisa sama, bisa beda] Selain itu, waktu (jam) berangkat bisa beda. Misal, saya pernah naik bus Primajasa yang berangkat pada 04.45 dan 05.45 lalu baru masuk kawasan pintu tol Pasirkoja pukul 05.00 dan 06.00. Jadi, maksud saya, patokan jam “5″ itu tidak bisa dijamin pas. Kadang lebih, kadang kurang. Pasar Minggu sih lumayan jauh. Saya biasa naiknya di Depok atau Blok M.

      1. Mas klo ke slipi ( Taman Anggrek) dari leuwi panjang naik jurusan apa yah.??

      2. Maaf, saya kurang periksa. Coba saja yang berangkat menuju Terminal Kalideres (Jakarta).

        [Saya punya pengalaman. Subuh dini hari bus Sinar Pasundan yang menuju Terminal Kampung Rambutan rusak atau mogok di Cianjur. Dipindahkan ke bus yang ke Kalideres. (Saya suruh bayar lagi he he he. Sialan ternyata kondekturnya tidak bayar ke bus yang dipindahkan.) Kalau tidak salah, saya melintasi Slipi. Namun, perlu dicek apakah via Jalan Tol dalam kota atau jalan biasa.]

  12. maaf mas nanya, kalau bis malam dari jakarta yang kira-kira nyampe subuh di bandung bis apa ya?
    ada ga yang dari kp rambutan?
    terima kasih

    1. Sepengetahuan saya, Terminal Kampung Rambutan itu beroperasi selama 24 jam. Saya biasa mengandalkan Terminal Leuwipanjang (Bandung) dan Terminal Kampung Rambutan (Jakarta) untuk perjalanan Bandung-Jakarta dan/atau Jakarta-Bandung pada malam dini hari hingga subuh. Paling tidak, itu pengalaman saya dan saudara saya.

      Itu untuk bus yang bukan Primajasa ya. Tentunya yang bertrayek Bandung (Leuwipanjang)-Jakarta (Kampung Rambutan) atau Jakarta (Kampung Rambutan)-Bandung (Leuwipanjang).

      1. biasa bus apa ya?
        saya ada keperluan pagi hari di bandung, ngejar bus yang nyampe bandung subuh itu soalnya biar ga usah nginep di bandungnya hehe
        makasih mas atas jawabannya :)

      2. Biasanya bus-bus itu berderet sesuai trayek. Khusus untuk tujuan Bandung, biasanya tiga bus berderet dalam waktu yang bersamaan: bus ekonomi tanpa AC, bus ekonomi AC, dan bus patas (tentu ber-AC). [Setidaknya ada tiga merek bus, tergantung jadwal barisnya.]

        Jika anda ada keperluan (waktu mendesak), perhatikanlah waktu. Misalnya, karena di terminal biasanya ngetem 1-2 jam sekali. Selain itu, kalau bus ekonomi biasanya lewat puncak. Jadi, kalau mau cepat ya lewat tol Cipularang sehingga harus pakai bus patas.

  13. Mau tanya primajasa bandung-lebakbulus ngelewatin purwakarta ga ya? Saya di purwakarta mau ke jakarta

    1. Yang saya alami sih tidak lewat Purwakarta.

  14. mau tanya kalo bandung-jakarta (kp. rambutan) ada di leuwi panjang ga ya? naek bis apa ya? trus harganya berapa ya (AC & non AC?) perlu info cepat. Thanks

    1. Sepengetahuan saya, di Terminal Leuwipanjang, bus yang ke Jakarta itu ke Kampung Rambutan (ekonomi biasa, ekonomi AC, Patas, dan Eksekutif). Kalau Primajasa (Patas/Eksekutif) kemana-mana, kecuali Rawamangun. Tarif Patas Rp 60ribuan.

  15. Nanya Om, jadwal Primajasa start paling pagi dari Lebakbulus ke Bandung (Leuwipanjang) jam brp..??

    1. Saya belum pernah mengalami berangkat dari Lebakbulus pagi hari. Jadi, tak tahu pasti. Namun, kalau berangkat dari Leuwipanjang pagi hari (pengalaman saya pasca-subuh), bus Primajasa yang saya naiki pernah berpapasan dengan bus Primajasa dengan trayek sebaliknya. Jadi, mungkin sama saja. (Mudah-mudahan ada pengalaman dari yang lain)

  16. misi,, mau nnya dari pasirkoja ke jln. MT haryono jaksel naik bisnya jurusan apa??
    klo cililitan sma lebak bulus sama ga??
    makasih sblmnya :)

    1. Cililitan dan Lebakbulus tentu berbeda. Bus Primajasa itu merupakan bus trayek Bandung-Lebakbulus (dan trayek-trayek lain). Jadi, naiknya harus di Terminal Lebakbulus (Jakarta) atau Terminal Leuwipanjang (Bandung). Kalau di Cililitan, mungkin itu hanya pool saja meskipun ada trayek-trayeknya. Itu kan pelayanan (dan pengalaman saya naik di pool bus ini trayek Bandung-Lebakbulus). Saya biasa naik di Pasar Rebo ke pool bus itu naik angkot 06 A :)

      1. Mau nanya nih klo dr lwpjg k stadion lebk bulus naik apa ya dan biasanya waktu temphnya brp lma d hri minggu?mksh

      2. Bus Bandung-Lebakbulus. Di Terminal Lebakbulus tinggal jalan saja. Bahkan sebelum masuk terminal, bus ini melewati Stadion Lebakbulus.

  17. asalamualaikum, mau nanya nih, kalo dari terminal lebak bulus ke kemang enaknya naek apa yah? terima kasih

    1. Waalaikumussalam. Sekali lagi, maaf, untuk yang di Jakarta, saya tidak menguasai. (Biasanya asal naik untuk sekadar jalan-jalan). Seingat saya, saya pernah melewati Jalan Kemang ketika naik bus Metromini dari Ragunan ke Blok M. (Kalau di Lebakbulus, saya tidak tahu karena belum pernah naik ke arah sana). Semoga ada pengunjung lain yang bisa membantu.

  18. Gan numpang tanya klo dari jkta naik primajasa bisa turun di pasteur gakkk

    1. Tidak bisa karena tidak lewat Pasteur. Bus Primajasa keluar/masuk melalui pintu tol Pasirkoja.

  19. thekhathaky d'whe | Balas

    maaf saya mau tanya kalau dari bandung ke jakarta pake bus ekomomi naiknya dimana terus kalau dijakarta nantinya turun dimana ? terimakasih

    1. Terminal di Bandung yang menuju Jakarta atau ke sebelah barat Jabar itu hanya Terminal Leuwipanjang. Umumnya yang ekonomi itu Leuwipanjang-Kampung Rambutan.

  20. thekhathaky d'whe | Balas

    terimakasih atas jawabannya kira-kira ongkosnya sekarang berapa? kalau saya ke leuwi panjang gak pernah nemu bus ekonomi yang didalam ac semua

    1. Saya survey dulu info terbaru :)

  21. Permisi, kalo dr lw.panjang ada jurusan bandara ga?

    1. Sepengetahuan saya nggak ada.

  22. Assalamualaikum Mas mau tanya kalo dari bandung mau ke sawangan depok ada bisnya ngak?? Atau naik dulu primajasa yang ke lebak bulus?? Trus itu pake tiket ga?? Apa bayar ditempat ongkosnya

    1. Waalaikumussalam. Maaf, saya belum pernah ke Sawangan. Kalau ke Terminal Depok, pernah. Saat itu saya ingin mencoba bus MGI trayek Bandung-Depok. (Hanya ada bus patas). Kalau ke Lebakbulus, misalnya naik bus Primajasa trayek Bandung-Lebakbulus, sepengetahuan saya ada bus kecil Lebakbulus-Depok. Kalau naik bus, saya bayar di dalam bus.

      Di Terminal Depok, ada banyak angkot dan bus kecil. Namun, di sini, saya tidak tahu apakah angkutan umum ke Sawangan ada atau tidak. Mungkin pengunjung blog ini ada yang bisa membantu?

  23. InFo yang cukup berharga , semoga masuk surga , Amin :D

    1. Terima kasih atas doanya. Amin.

  24. Ka, klo dr bandung mau ke Jalan Pulokambing kawasan inustri pulo gadung naik apa yah ? trus ongkosnya brpa ?
    terima kasih :)

    1. Maaf, saya tidak bisa banyak membantu. Selain yang ditanyakan adalah kawasan Jakarta, saya tidak memiliki kabar terbaru. Meskipun demikian, saya pernah mengalami melakukan perjalanan ke tempat tersebut. Siapa tahu bisa menjadi alternatif, selain menunggu bantuan (tanggapan) dari pengunjung lain tentunya. (Semoga tempat-tempatnya mendekati apa yang dituju).

      Saya pernah pergi ke kawasan industri Pulogadung, tetapi perjalanannya dimulai di Pondokgede. Saya kira, dari Bandung ke Kampung Rambutan naik bus. Lalu, di Kampung Rambutan ke Pondokgede naik angkot Kampung Rambutan-Kranggan (warna orange). Turun di Pondokgede. Lalu, di Pondokgede naik bus kecil nomor 45 (Kopaja atau Metromini, saya lupa). Turun di “pintu gerbang” kawasan industri Pulogadung. (Jangan lupa, kalau di Kampung Rambutan naik angkotnya yang melalui Hek, bukan jalan tol. Kalau ke hek, angkot tersebut melalui Pondokgede. Kalau ke jalan tol, di ujung jalan tol (baca: biasa disebut Ujung Aspal) justru harus naik angkot lagi yang sama, tetapi ke arah sebaliknya).

      Kalau pulangnya dari kawasan industri Pulogadung, saya naik bus Mayasari (kalau tidak salah) yang ke Kampung Rambutan. Nah, siapa tahu, bus ini pula yang berangkat dari Kampung Rambutan ke Pulogadung.

      Sebagai catatan, sepengetahuan saya, perjalanan bus ini hanya di jalan raya. Artinya, kalau mau masuk ke kawasan industri Pulogadung hanya ada ojeg motor. Kalau berjalan kaki, “jauh”.

      Soal ongkos kendaraan umum (angkot), saya kira tidak jauh berbeda dengan di Bandung.

      Ooops…, mungkin pula, bus Primajasa trayek Bandung-Pulogadung melintasi kawasan Pulogadung. (Saya tidak pernah naik bus trayek ini). Semoga ada pengunjung lain yang membantu (dan saya kira, anda pun sudah Googling pula). Semoga lancar dalam perjalanan.

  25. sayaaa mau tanya klo dari cieulrnyi ke kampung rambutan ada g?

    1. Kalau bus Bandung-Kampung Rambutan harus ke Terminal Leuwipanjang terlebih dahulu. Akan tetapi kalau mau trayek dari Garut/Tasikmalaya ke Jakarta (Kampung Rambutan misalnya), orang-orang biasanya naik di dekat pintu tol Cileunyi :) Itu terminal bayangan.

  26. gan kalo dari bandung (cileunyi/lw.panjang) mau ke bogor (sentul) bisa pake primjas yg jurusan apa ya? turunnya dimana? thx

    1. Kalau tidak salah, kemarin-kemarin saya lihat bus yang ke Sentul di Leuwipanjang. Mereknya MGI.

  27. minta infonya, dari bandung ke jakarta yang lewat cempaka putih bus primajasa jurusan apa iah? thanks

    1. Coba bus Primajasa trayek Bandung-Pulogadung.

      1. Bandung tanjung priuk tepatnya

  28. Dari kampung rambutan ke bandung naek bus apa trz ongkos brp?

    1. Bus Sinar Pasundan atau bus Harum atau apa ya, saya lupa. Biasanya bergiliran. Ongkosnya lebih kurang Rp 60.000,- an. Itu Patas.

  29. Permisi, Minta infox bus damri dari arah cibiru ke arah terminal leuwipanjang paling pagi jam brapa ya n waktu brgkatx kapan aj?? Rencana mw naik bus primajasa k lebak blus,, thanks..

    1. Semua trayek bus kota DAMRI di Bandung beroperasi pada pukul 06.00 WIB s.d. 17.00 WIB. Kalau pun ada yang berjalan di atas pukul 17.00 WIB, hal itu untuk menyelesaikan perjalanan sampai tujuan akhir. Rata-rata 30-60 menit sekali. Kalau pun di “terminal” tidak ada, hal itu biasanya bus sedang tersendat atau macet di perjalanan.

  30. terminal pasar rebo masih ada ga katanya sudah ditertibkan

  31. gan mau nanya kalau dari daerah metro ke lw panjang naik angkot apaya ,, trus pmbrangkatan bus lw pnjang tjuan kp rambutan sore itu jam brapa aja ya . . .emergency

    1. Di Jalan Soekarno-Hatta, naik bus kota DAMRI Elang-Cibiru yang ke Elang. Turun di depan seberang Terminal Leuwipanjang (Jalan Soekarno-Hatta). Namun, berdasarkan pengalaman saya, kita mesti sabar karena datangnya bus bisa jadi 30 menit sekali. Bahkan lebih. Macet.

      Kalau saya sedang butuh waktu, alternatif saya, naik angkot Elang-Gedebage yang ke Elang. Turun di Jalan Oto Iskandar Di Nata (Tegallega). Di sini naik angkot Tegallega-Cipatik. Turun di Terminal Leuwipanjang. [Turunnya hampir persis ketika kita naik bus kota DAMRI tadi. Hanya berbeda beberapa meter.]

      Bus Bandung-Kampung Rambutan sepengetahuan saya beroperasi selama 24 jam. Berangkat satu jam sekali. [Pengalaman saya ketika pergi ke Jakarta (Kampung Rambutan), saya pernah berangkat jam 3 sore, 4 sore, dan setelah maghrib. Itu kalau sore-sore karena saya juga pernah berangkat malam dini hari. Sebagai catatan, soal jam mungkin tergantung situasi dan kondisi di lapangan. Jadi, mungkin hanya ada perbedaan menit.]

  32. itu lebih jelasnya warna angkot”nya apa ya … bus apa saja ya klau sore and tarifnya berapa . .??

    1. Angkot Elang-Gedebage (resminya Elang-Gedebage-Ujungberung) berwarna dasar biru muda (biru muda-putih-hijau). [Bedakan dengan angkot Stasiun Hall-Gedebage yang berwarna dasar hijau muda (hijau muda-merah-hijau tua)]

      Ongkos bus Bandung-Jakarta maksimal Rp 60.000,- an. Kalau bus ke Kampung Rambutan ya hanya Sinar Pasundan, Harum, dan apa ya satu lagi.

  33. bang maaf numpang tanya kalo dari terminal sukabumi ke tasik naik bis apa ?trus tarifnya berapa

    1. Maaf, saya belum bisa bantu informasi. Sudah lama saya tidak mengunjungi Terminal Sukabumi. Mudah-mudahan ada rekan lain yang bisa membantu.

  34. Malam. boleh numpang tanya kah?
    saya rencananya mau perjalanan pergi dan pulang menggunakan -Primajasa Lbk. Bulus-Bandung dari pool Gaplek.
    Rencananya saya mau ke jalan kebon jati atau daerah belakang pasar (deket stasiun kereta). kira2 kalo dari terminal leuwipanjang ke Kebon Jati, saya naik angkot apa ya?
    lalu kalo dari kebon jati – terminal Leuwi panjang, saya naik angkot yang sama atau beda?
    Terima Kasih.

    1. Jalan Kebonjati itu ada di sebelah utara Terminal Leuwipanjang. Ibaratnya kita menghadap ke selatan. Nah Terminal Stasiun Bandung itu berada di antara Jalan Kebonjati (kanan) dan Jalan Suniaraja (kiri).

      Jauh (kira-kira 1 km) dari Terminal Stasiun Bandung ke arah kanan terdapat Jalan Pasirkaliki (ke utara) dan Jalan Gardujati (ke selatan). Sementara itu, jauh (kira-kira 70-100 meter) dari Terminal Stasiun Bandung ke arah kiri terdapat Jalan Oto Iskandar Di Nata.

      Jika anda pergi dari Terminal Leuwipanjang naik bus kota DAMRI Dago-Leuwipanjang yang menuju Dago maka suatu saat bus itu akan melewati Jalan Gardujati dan belok kanan ke Jalan Kebonjati. Belok ke kiri juga sebetulnya masih Jalan Kebonjati. [Jika anda naik bus kota DAMRI Ledeng-Leuwipanjang yang menuju Ledeng maka bus ini akan berjalan lurus dari Jalan Gardujati ke Jalan Pasirkaliki.]

      Pulangnya, jika anda berjalan dari Terminal Stasiun Bandung (“perbatasan” Jalan Kebonjati dan Jalan Suniaraja) dan berjalan sejauh 70-100 meter ke kanan (maksudnya Jalan Oto Iskandar Di Nata) maka anda akan menemukan bus kota DAMRI Ledeng-Leuwipanjang yang menuju Leuwipanjang.

      Silakan bayangkan arah mata anginnya.

  35. dari bandung ke kelapa gading naik bus apa ya min?

  36. yuli wulandari | Balas

    Permisii saya mau tanya kalau dri terminal leuwipanjang ke terminal kali deres itu bisa naik primajasa??terua jam keberangkatan dari bandung biasanya jam berapa aja?dan sekarang harga ongkosnya berapa . Makasih

    1. Ada bus Primajasa trayek Bandung-Kalideres.

  37. Kalo dari lewi panjang bisa .ƍäªќ naik bis langsung ke pulo gadung

    1. Ada kok bus Primajasa trayek Bandung-Pulogadung dan bus Patriot trayek Bandung-Pulogadung.

  38. mau nanya bang, kalo naik primajasa dr terminal leuwi panjang ke jakarta bus yg bandung-lebak bulus atau bandung-ciliitan itu ada yg lewat MT haryono/kemang/ragunan/pasar minggu ga? makasih sebelumnya

    1. Tidak ada. Harus naik angkutan umum lagi.

  39. Slamat malam, mau tanya mohon infonya, rencana mau naik primajasa dari Jakarta ke Bandung, Dari Terminal Leuwi Panjang mau ke pasar Cimol Gede Bage, naik apa ya? Thanks

    1. Setelah masuk Terminal Leuwipanjang, anda keluar lagi, yaitu ke depan Terminal Leuwipanjang yang berada di Jalan Soekarno-Hatta. Bisa juga, sebelum masuk terminal, anda turun di Jalan Soekarno-Hatta (depan terminal). Ciri-cirinya mudah kok, yaitu ada kios-kios oleh-oleh. Nah, di Jalan Soekarno-Hatta, naik bus kota DAMRI trayek Elang-Cibiru. Turun di Terminal Gedebage yang masih berada di Jalan Soekarno-Hatta. [Jalan Soekarno-Hatta ini memanjang dari barat ke timur). Nanti di Terminal Gedebage, anda bisa jalan atau naik angkot di sana.

      Atau di Jalan Soekarno-Hatta, naik angkot Cicaheum-Cibaduyut. [Jangan terkecoh trayeknya. Ini angkot yang “aneh”. Nah, nanti setelah bertemu dua angkot Gedebage (angkot Elang-Gedebage dan angkot Stasiun Hall-Gedebage), anda tinggal naik salah satu dari kedua angkot tersebut. Semua melintas di Jalan Soekarno-Hatta.

  40. Brp ongkos bandung jakarta

    1. Bawa duit saja 60ribuan :)

  41. mau tanya, bandung – senayan jkt ada ga yah dari terminal leuwi panjang berapa? makasih

    1. Mending ke Kampung Rambutan saja. Di sini ada bus yang melintas ke Senayan. Saya lupa trayeknya.

      Saya juga pernah ke Kalideres, di Jakartanya, jalannya di tengah (baca: tol dalam kota). Saya tidak tahu pasti apakah dalam kesempatan yang lain bus tersebut berjalan di sisi jalan atau tidak. Kalau di tol jalan kota kan tidak bisa berhenti :) Kalau ke sisi atau pinggir jalan kan bisa turun di depan Senayan.

  42. Permisi mas, mau bertanya kalau pengen sampai ke tb simatupang jam 8.30 pagi dari bandung enaknya pake primjas jurusan apa dan jam berapa naiknnya dmn ya mas?biar ga telat..mau tes soalnya,,hehehe,,

    makasih ya,,,

    1. Saya pernah naik bus Primajasa trayek Bandung-Lebakbulus yang berangkat dari Terminal Leuwipanjang-nya pada pukul 04.45 WIB. Kalau pukul 05.45 WIB agak sulit. Berangkat pada pukul 04.45 WIB saja kadang terhambat macet sebelum/setelah Bekasi. Kalau pun lancar, kadang ketika memasuki Jakarta. Mungkin itu juga karena awal masuk kerja (Senin, misalnya). Jadi, lebih baik yang berangkatnya pada pukul 04.45 WIB saja karena sepengetahuan saya, itu jadwal yang paling pagi dari bus Primajasa.

      Catatan: Perhatikan juga Jalan T.B. Simatupang-nya dimana. Bus Primajasa, setelah tol Cikunir, keluar di Pasar Rebo, lalu masuk tol lagi, dan keluar di Jalan Ampera (kalau tak salah). Jadi, saya kira harus naik angkutan umum karena di tol tak bisa berhenti :)

      1. wah terima kasih infonya mas,,oia satu lagi kalau harus naik umum berarti pas keluar pasar rebo ya?dari situ naik apa ke tb simatupangnya?tujuan saya alamanda tower kav.23-25 jl.tb simatupang,,makasih ya mas,,

      2. Nah, itu dia. Tadinya saya mau jawab sekalian, tetapi khawatir salah. Karena “kantor pusat” blog ini berada di Bandung :) Saya nggak terlalu hafal Jakarta. Kalau sekadar lihat atau bahkan jalan-jalan, pernah, tetapi asal jalan-jalan dan tak pedulikan trayeknya. Saran saya, lebih baik ditanyakan kepada pengujinya. Agar tes-nya lancar sehingga satu jalan sudah terpikirkan solusinya.

  43. Permisi mas, kalo dari bandung (leuwi panjang) mau ke daerah cijantung disarankan naik bus apa ya? Dan kira kira busnya (dileuwi panjang) standby nya jam brp

    1. Coba saja bus Bandung-Jakarta (Kampung Rambutan). Ada beberapa merek. Bergantian, umumnya satu jam sekali. Di Terminal Kampung Rambutan naik angkot 112 (Kampung Rambutan-Depok). Tinggal turun di Cijantung.

      1. Kira kira berapa lama perjalanan? Rencana jam 7 pagi sampe sana harus berangkat jam brp?

      2. Kalau jam 7 pagi agak repot :) Itu pun kalau berangkat dari Terminal Leuwipanjang-nya setelah subuh. Idealnya berangkat pada pukul 03.00 atau 04.00 WIB sebagaimana pengalaman saya. (Jangan pukul 05.00 atau 04.45 atau sekitar itu). Bisa juga sih setelah jam 4 pagi-an, tetapi repot kalau ada hal-hal keterlambatan di jalan.

        Tinggal hitung-hitungan saja. Di tol-nya saja normalnya 2 jam 30 menit. Itu kalau lancar. Namun kalau ke Cijantung, saya kira berangkat pukul 4 pagi masih bisa karena naik angkot No. 112-nya (Kampung Rambutan-Depok) bisa cukup 30 menit hingga Cijantung.

  44. kak saya dari bandung, ingin ke alamat ini : Jl.Dukuh Patra Raya Kuningan, 12870 Jakarta selatan. rencana sampai disana jam 8 pagi. kira2 kalo naik bus dari bandung brangkatnya jam brapa? trus pas nyampe jakarta berhentinya dimana? trus naik transfort umum jurusan mana lagi biar sampai ke tempat tsb. mohon bantuannya trimakasih…

    1. Kalau dijadwalkan di suatu tempat di Jakarta pada pukul 8 pagi memang agak sulit (itu kalau ukurannya tidak hanya di terminal). Itu pun yang pernah saya alami. Butuh perjuangan tersendiri :) Misalnya, saya pernah “terpaksa” naik ojeg Rp 30 ribu s.d. Rp 40 ribu daripada angkutan umum yang saat itu Rp 4 ribu. Namun, bagaimana pun, itu darurat karena saya butuh waktu. Itu ketika saya naik bus ke Kampung Rambutan atau Lebakbulus yang naiknya di Terminal Leuwipanjang setelah subuh, seperti minimal pukul 04.45 WIB. (Ini ketika naik bus Primajasa trayek Bandung-Lebakbulus karena jadwal paling awal kira-kira pukul 04.45 WIB).

      Nah, mungkin ini pengalaman saya yang lain ketika berangkat ke daerah Kuningan, Jakarta Selatan. Saat itu, saya berangkat di Terminal Leuwipanjang yang jadwalnya pukul 03.00 WIB. (Ini pun butuh perjuangan, bukan? Malam dini hari. Ngantuk he he). Bus itu trayek Bandung-Kampung Rambutan karena bus Primajasa belum beroperasi (yang trayek Lebakbulus. Kalau bus Primajasa yang lain, saya belum mengeceknya). Kalau berangkatnya pukul 03.00 WIB (bus Bandung-Kampung Rambutan), di Terminal Kampung Rambutan naik Kopaja No. 45 (Kampung Rambutan-Blok M). Turun di Jalan Mampang Prapatan dan naik Kopaja No. 20 (Lebakbulus-Senen). Turun di daerah Kuningan. Kalau “salah” naik Kopaja No. 20, silakan cari sendiri beberapa angkutan umum yang menuju ke sana. Karena kalau sudah pagi, saya kira angkutan umum di daerah ini sudah ramai. Jadi, anda bisa mengira-ngira.

      Bisa juga tanya-tanya dulu di Terminal Leuwipanjang untuk naik bus Bandung-Lebakbulus yang bukan bus Primajasa. Turunnya di Lebakbulus (daerah sekitar itu karena Lebakbulus sedang dibangun). Nah, di Lebakbulus naik Kopaja No. 20 tadi (Lebakbulus-Senen). Turun di daerah Kuningan.

      Mungkin itu yang bisa saya bantu. Mohon maaf jika ada “perbedaan pengalaman dan perkembangan”. Semoga lancar.

      1. wahh jawabannya lengkap bgt kak. keberangkatannya masih lama ko. sambil nyari2 info transfort dulu aja. terimakasih banyak ya..

  45. permisi mas, kalo pake kereta henti di jakarta mau ke bandung baik nya turun di tanjung priok atau pasar senen ya mas ? sama pake bis nya pake yang mana ? thks, mohon bantuan nya ..

    1. Kalau Jkt ke Bdg sepertinya di Jakarta Kota atau Gambir. Tergantung jadwalnya.

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

