Dari Bandung ke Jakarta Enaknya Naik Bus Primajasa

Setiap pergi ke Jakarta, bus Primajasa selalu menjadi favorit saya. Nyaman, soalnya. Di dalam bus, meskipun masih di dalam terminal Leuwipanjang, tidak ada satu pun penjual barang yang masuk. Sebanding dengan harga tiketnya Rp 45.000,- atau Rp 50.000,- Kalau beberapa merek bus yang lain kan nggak begitu.

Meskipun ke daerah-daerah lain di Jakarta, saya sering naik bus Primajasa trayek Bandung-Lebakbulus meskipun turunnya di Jalan Pasar Rebo. Bus Primajasa ini biasa berjalan dari Terminal Leuwipanjang (Bandung) ke Terminal Lebakbulus (Jakarta). Dari jalan kota, jalan tol, dan jalan kota lagi.

Nah, ketika di Jakarta itulah, bus Primajasa keluar jalan tol lebih dahulu untuk menepikan para penumpang yang hendak pergi ke daerah-daerah lainnya di Jakarta. Bus Primajasa keluar di Pasar Rebo (Jalan Raya Bogor-Jakarta). Di Pasar Rebo inilah tersedia beberapa angkot. Bahkan ketika saya hendak pergi ke Terminal Kampung Rambutan (Jakarta), saya jarang naik bus dari Terminal Leuwipanjang (Bandung) ke Terminal Kampung Rambutan (Jakarta). Cukup di Pasar Rebo naik angkot saja menuju Terminal Kampung Rambutan. Toh harga tiket bus tidak jauh berbeda.

Setelah menepikan penumpang di Pasar Rebo, bus Primajasa masuk lagi ke jalan tol untuk melanjutkan perjalanan menuju Terminal Lebakbulus.

Ada satu pengalaman saya. Ketika naik bus Primajasa dari Bandung ke Jakarta, saya dan beberapa penumpang lain pernah diturunkan di dekat pintu tol (di kawasan Pasar Rebo). Artinya, bus Primajasa yang saya naiki tidak ke Pasar Rebo dahulu, tetapi tetap melanjutkan perjalanan di jalan tol. Namun, ini hanya sekali-kalinya pengalaman saya. Jadi, jarang-jarang atau tidak sering. Karena biasanya, bus Primajasa memang selalu ke Pasar Rebo lebih dahulu.

About these ads
Explore posts in the same categories: Uncategorized

85 Komentar pada “Dari Bandung ke Jakarta Enaknya Naik Bus Primajasa”

  1. sintia lisdayanti Berkata

    assalam, mau tanya kalo dari pasar rebo ke terminal kampung rambutan naik angkot apa yaa? thx.

    • buskotabandung Berkata

      Waalaikumussalam. Dari PasarRebo (perempatan Jalan Raya Bogor) ke Terminal Kampung Rambutan, saya biasa naik angkot Kampung Rambutan-Depok. Naiknya bisa di Jalan Raya Bogor dan bisa juga di pinggir kios buah-buahan.

  2. r Berkata

    kalo leuwi panjang – kampung rambutan harga tiketnya ada gak? gak ada bis yg lewat ke ancol ya. saya mau ke meis. makasih :)

  3. fahzis Berkata

    dari leuwipanjang itu berangkatnya jam berapa aja???

    • buskotabandung Berkata

      Jadwalnya satu jam sekali. Maaf, saya tidak terlalu detail. Namun, saya pernah mengalami berangkat setelah adzan subuh. Juga, pernah lihat sampai pemberangkatan jam 9-10 malam. Kalau untuk bus yang lain (masih ke Jakarta), saya pun pernah mengalami pemberangkatan pada jam dini hari, seperti jam 12 malam, jam 1 malam/dini hari, dan bahkan pada jam 3 subuh. Itu pengalaman saya.

  4. Tri Aditya Berkata

    makasih sharingnya yah

  5. Anonymous Berkata

    Dari jaln gatot subroto tpatnya trns studio ke lwpnjang jauh atau dekat

  6. Rika Septiani Berkata

    ass. mau nanya. kalo dari bandung ke jl. mayjen suttoyo cililitan, pake bus apa ya? trims

    • buskotabandung Berkata

      Terima kasih, pertanyaan ini sebetulnya mengingatkan saya kembali. Saat itu saya menulis Pool bus Primajasa di Jalan M.T. Haryono. Padahal Jalan Mayjend Sutoyo. (Judul salah satu tulisan tersebut lupa diganti. Nanti saya cek lagi)

      Kalau pakai bus ke Cililitan, saya tidak pernah. Biasanya kalau dari Bandung, turun di kawasan Pasar Rebo (Jalan Raya Bogor), saya naik angkot 06 A. Angkot tersebut lewat Cililitan.

      • Rika Septiani Berkata

        naiknya dari terminal leuwi panjangkah?
        ongkosnya yg ekonomi brp ya? thanks

      • buskotabandung Berkata

        Ya, naiknya di Terminal Leuwipanjang. Untuk bus ekonomi Bandung-Jakarta, saya sudah lama tidak mengalaminya lagi. Soalnya kebanyakan lewat Puncak. Lama. (Kalau tidak butuh waktu atau santai, mungkin saya senang lewat Puncak).

        Kalau bus Primajasa ke Jakarta hanya ada Patas dan Patas Executive. Seat-nya 2-2, tentu ber-AC, dan bedanya ada pada toilet.

        Kalau bus ekonomi, busnya “banyak”, tergantung merek (kalau tidak salah ada empat merek). Soal ongkos, cukup bervariasi (tetapi tidak jauh berbeda). Bus ekonomi ini ada AC dan non-AC. Seat-nya sama, 2-3.

        Dulu, ongkosnya antara Rp 25 ribu s.d. Rp 35 ribu. Setelah BBM naik mungkin tinggal ditambah Rp 10 ribu. Demikian. Trims.

  7. Anonymous Berkata

    klo ke jlan medan merdeka (bappeda) enaknya gmana dn bis prima jasa ada g?

    • buskotabandung Berkata

      Mohon maaf, saya belum bisa bantu karena tidak tahu. Kalau naik bus Primajasa (atau merek lainnya) biasanya untuk ke suatu daerah (kota). Ketika sudah berada di suatu kota, barulah saya naik kendaraan umum lainnya. [Seingat saya, saya pernah melewati kawasan Medan Merdeka ketika naik bus di Terminal Senen, tetapi lupa trayek busnya.] Semoga ada pengunjung lain yang bisa membantu….

  8. Indra Gunawan Berkata

    kalau malam enaknya k mangga dua yg jurusan apa?

    • buskotabandung Berkata

      Maaf, kalau untuk Jakarta, saya tidak begitu tahu. [Saya pernah ke kawasan Mangga Dua. Seingat saya, saat itu saya naik bus Kopaja di Terminal Lebakbulus. Saya tidak tahu apakah pada waktu malam masih ada atau tidak bus yang melewat ke kawasan dimaksud.]

  9. Anonymous Berkata

    klo dari terminal kampung rambutan mau ke lebak bulus naik apa ya?

    • Ani Berkata

      naik bus kowanbisata ada kok yg warna kuning.kl ga salah nomernya 509 :)

      • buskotabandung Berkata

        Ya, saya kira demikian. Saya juga pernah naik “mikro bus” Kowanbisata trayek Lebakbulus-Kampung Rambutan. Warnanya kuning-hijau (warna dasarnya kuning. Kalau hijau hanya sedikit). Nomor trayeknya 509. Saya ingat betul, bus ini masuk ke jalur tol T.B. Simatupang.

  10. Ani Berkata

    kalo mau k trans studio dr terminal leuwi panjangnya naik apa ya? trus dr kp. rambutan ke leuwi panjangnya brp jam ya?thx :)

    • buskotabandung Berkata

      Di Bandung:

      Coba saja naik angkot Cicaheum-Cibaduyut. [Ini termasuk angkot aneh karena faktanya trayek Leuwipanjang-Kiaracondong :)] Naiknya bisa di dalam Terminal Leuwipanjang (bukan di tempat bus-bus AKDP/AKAP) atau lebih baik di luar Terminal Leuwipanjang (Jalan Soekarno-Hatta). Setelah naik angkot Cicaheum-Cibaduyut, turun di perempatan Jalan Kiaracondong/Jalan Gatot Subroto. Di perempatan ini naik angkot Abdul Muis-Cicaheum atau Cicadas-Elang. Tinggal turun di Trans Studio.

      Daripada “kesal” naik angkot Cicaheum-Cibaduyut, lebih enak naik bus kota DAMRI Dago-Leuwipanjang. Di depan Terminal Stasiun Bandung (Jalan Suniaraja), naik angkot Cicadas-Elang. Tinggal turun di Trans Studio.

      Atau kalau mau yang lebih jauh, naik bus Cicaheum-Leuwipanjang. Turun di Terminal Cicaheum. Di Terminal Cicaheum, naiklah angkot Abdul Muis-Cicaheum. Tinggal turun di Trans Studio.

      Di Jakarta:

      Pada umumnya, bus-bus Jakarta-Bandung melintas jalan tol Cipularang-Padaleunyi sekitar dua jam. Yang lama itu di jalan-jalan kotanya. Artinya, sebelum masuk dan keluar pintu tol. Khusus untuk bus-bus di Terminal Kampung Rambutan, saya pernah naik bus-bus ekonomi dengan waktu ngetem 1-2 jam. Misalnya masuk bus jam 08.00 WIB, eh baru berangkat pukul 09.30 WIB atau 10.00 WIB. Itu pun kalau belum penuh, kadang cari penumpang dulu di luar. Perhatikan saja, setelah keluar dari pintu gerbang Terminal Kampung Rambutan, bus-bus ekonomi ini masih ngetem (sebentar) di jalan putaran. Orang menyebutnya jalan baru.

      Kalau bus-bus Patas biasanya 30 menit atau satu jam sekali. Lancar. Kalaupun cari penumpang di luar, bus-bus Patas ini tidak seperti bus-bus ekonomi.

      Karena ngetem-nya itulah, saya sudah jarang naik di Terminal Kampung Rambutan, tetapi naik di luar pintu gerbang Kampung Rambutan atau bahkan di belokan jalan baru.

  11. Ria Purnamasari Berkata

    Perjalanan naik bis dari bandung ke jakarta kalau saya berangkat jam 5 subuh kira2 sampai berapa jam? Kalau menuju jalan pasar minggu dari lebak bulus jauh g? emergency

    • buskotabandung Berkata

      Tergantung. Tidak ada yang pasti. Misal, Senin kan hari sibuk warga Bandung atau kota-kota lainnya yang menuju Jakarta. Bisa beda dengan Selasa misalnya. [Bisa sama, bisa beda] Selain itu, waktu (jam) berangkat bisa beda. Misal, saya pernah naik bus Primajasa yang berangkat pada 04.45 dan 05.45 lalu baru masuk kawasan pintu tol Pasirkoja pukul 05.00 dan 06.00. Jadi, maksud saya, patokan jam “5″ itu tidak bisa dijamin pas. Kadang lebih, kadang kurang. Pasar Minggu sih lumayan jauh. Saya biasa naiknya di Depok atau Blok M.

      • Anonymous Berkata

        Mas klo ke slipi ( Taman Anggrek) dari leuwi panjang naik jurusan apa yah.??

      • buskotabandung Berkata

        Maaf, saya kurang periksa. Coba saja yang berangkat menuju Terminal Kalideres (Jakarta).

        [Saya punya pengalaman. Subuh dini hari bus Sinar Pasundan yang menuju Terminal Kampung Rambutan rusak atau mogok di Cianjur. Dipindahkan ke bus yang ke Kalideres. (Saya suruh bayar lagi he he he. Sialan ternyata kondekturnya tidak bayar ke bus yang dipindahkan.) Kalau tidak salah, saya melintasi Slipi. Namun, perlu dicek apakah via Jalan Tol dalam kota atau jalan biasa.]

  12. Den Berkata

    maaf mas nanya, kalau bis malam dari jakarta yang kira-kira nyampe subuh di bandung bis apa ya?
    ada ga yang dari kp rambutan?
    terima kasih

    • buskotabandung Berkata

      Sepengetahuan saya, Terminal Kampung Rambutan itu beroperasi selama 24 jam. Saya biasa mengandalkan Terminal Leuwipanjang (Bandung) dan Terminal Kampung Rambutan (Jakarta) untuk perjalanan Bandung-Jakarta dan/atau Jakarta-Bandung pada malam dini hari hingga subuh. Paling tidak, itu pengalaman saya dan saudara saya.

      Itu untuk bus yang bukan Primajasa ya. Tentunya yang bertrayek Bandung (Leuwipanjang)-Jakarta (Kampung Rambutan) atau Jakarta (Kampung Rambutan)-Bandung (Leuwipanjang).

      • Den Berkata

        biasa bus apa ya?
        saya ada keperluan pagi hari di bandung, ngejar bus yang nyampe bandung subuh itu soalnya biar ga usah nginep di bandungnya hehe
        makasih mas atas jawabannya :)

      • buskotabandung Berkata

        Biasanya bus-bus itu berderet sesuai trayek. Khusus untuk tujuan Bandung, biasanya tiga bus berderet dalam waktu yang bersamaan: bus ekonomi tanpa AC, bus ekonomi AC, dan bus patas (tentu ber-AC). [Setidaknya ada tiga merek bus, tergantung jadwal barisnya.]

        Jika anda ada keperluan (waktu mendesak), perhatikanlah waktu. Misalnya, karena di terminal biasanya ngetem 1-2 jam sekali. Selain itu, kalau bus ekonomi biasanya lewat puncak. Jadi, kalau mau cepat ya lewat tol Cipularang sehingga harus pakai bus patas.

  13. Azis Berkata

    Mau tanya primajasa bandung-lebakbulus ngelewatin purwakarta ga ya? Saya di purwakarta mau ke jakarta

  14. Lisna Berkata

    mau tanya kalo bandung-jakarta (kp. rambutan) ada di leuwi panjang ga ya? naek bis apa ya? trus harganya berapa ya (AC & non AC?) perlu info cepat. Thanks

    • buskotabandung Berkata

      Sepengetahuan saya, di Terminal Leuwipanjang, bus yang ke Jakarta itu ke Kampung Rambutan (ekonomi biasa, ekonomi AC, Patas, dan Eksekutif). Kalau Primajasa (Patas/Eksekutif) kemana-mana, kecuali Rawamangun. Tarif Patas Rp 60ribuan.

  15. Anonymous Berkata

    Nanya Om, jadwal Primajasa start paling pagi dari Lebakbulus ke Bandung (Leuwipanjang) jam brp..??

    • buskotabandung Berkata

      Saya belum pernah mengalami berangkat dari Lebakbulus pagi hari. Jadi, tak tahu pasti. Namun, kalau berangkat dari Leuwipanjang pagi hari (pengalaman saya pasca-subuh), bus Primajasa yang saya naiki pernah berpapasan dengan bus Primajasa dengan trayek sebaliknya. Jadi, mungkin sama saja. (Mudah-mudahan ada pengalaman dari yang lain)

  16. Anonymous Berkata

    misi,, mau nnya dari pasirkoja ke jln. MT haryono jaksel naik bisnya jurusan apa??
    klo cililitan sma lebak bulus sama ga??
    makasih sblmnya :)

    • buskotabandung Berkata

      Cililitan dan Lebakbulus tentu berbeda. Bus Primajasa itu merupakan bus trayek Bandung-Lebakbulus (dan trayek-trayek lain). Jadi, naiknya harus di Terminal Lebakbulus (Jakarta) atau Terminal Leuwipanjang (Bandung). Kalau di Cililitan, mungkin itu hanya pool saja meskipun ada trayek-trayeknya. Itu kan pelayanan (dan pengalaman saya naik di pool bus ini trayek Bandung-Lebakbulus). Saya biasa naik di Pasar Rebo ke pool bus itu naik angkot 06 A :)

  17. Anonymous Berkata

    asalamualaikum, mau nanya nih, kalo dari terminal lebak bulus ke kemang enaknya naek apa yah? terima kasih

    • buskotabandung Berkata

      Waalaikumussalam. Sekali lagi, maaf, untuk yang di Jakarta, saya tidak menguasai. (Biasanya asal naik untuk sekadar jalan-jalan). Seingat saya, saya pernah melewati Jalan Kemang ketika naik bus Metromini dari Ragunan ke Blok M. (Kalau di Lebakbulus, saya tidak tahu karena belum pernah naik ke arah sana). Semoga ada pengunjung lain yang bisa membantu.

  18. mary Berkata

    Gan numpang tanya klo dari jkta naik primajasa bisa turun di pasteur gakkk

  19. thekhathaky d'whe Berkata

    maaf saya mau tanya kalau dari bandung ke jakarta pake bus ekomomi naiknya dimana terus kalau dijakarta nantinya turun dimana ? terimakasih

  20. thekhathaky d'whe Berkata

    terimakasih atas jawabannya kira-kira ongkosnya sekarang berapa? kalau saya ke leuwi panjang gak pernah nemu bus ekonomi yang didalam ac semua

  21. Rika Berkata

    Permisi, kalo dr lw.panjang ada jurusan bandara ga?

  22. ani Berkata

    Assalamualaikum Mas mau tanya kalo dari bandung mau ke sawangan depok ada bisnya ngak?? Atau naik dulu primajasa yang ke lebak bulus?? Trus itu pake tiket ga?? Apa bayar ditempat ongkosnya

    • buskotabandung Berkata

      Waalaikumussalam. Maaf, saya belum pernah ke Sawangan. Kalau ke Terminal Depok, pernah. Saat itu saya ingin mencoba bus MGI trayek Bandung-Depok. (Hanya ada bus patas). Kalau ke Lebakbulus, misalnya naik bus Primajasa trayek Bandung-Lebakbulus, sepengetahuan saya ada bus kecil Lebakbulus-Depok. Kalau naik bus, saya bayar di dalam bus.

      Di Terminal Depok, ada banyak angkot dan bus kecil. Namun, di sini, saya tidak tahu apakah angkutan umum ke Sawangan ada atau tidak. Mungkin pengunjung blog ini ada yang bisa membantu?

  23. Anonymous Berkata

    InFo yang cukup berharga , semoga masuk surga , Amin :D

  24. intan Berkata

    Ka, klo dr bandung mau ke Jalan Pulokambing kawasan inustri pulo gadung naik apa yah ? trus ongkosnya brpa ?
    terima kasih :)

    • buskotabandung Berkata

      Maaf, saya tidak bisa banyak membantu. Selain yang ditanyakan adalah kawasan Jakarta, saya tidak memiliki kabar terbaru. Meskipun demikian, saya pernah mengalami melakukan perjalanan ke tempat tersebut. Siapa tahu bisa menjadi alternatif, selain menunggu bantuan (tanggapan) dari pengunjung lain tentunya. (Semoga tempat-tempatnya mendekati apa yang dituju).

      Saya pernah pergi ke kawasan industri Pulogadung, tetapi perjalanannya dimulai di Pondokgede. Saya kira, dari Bandung ke Kampung Rambutan naik bus. Lalu, di Kampung Rambutan ke Pondokgede naik angkot Kampung Rambutan-Kranggan (warna orange). Turun di Pondokgede. Lalu, di Pondokgede naik bus kecil nomor 45 (Kopaja atau Metromini, saya lupa). Turun di “pintu gerbang” kawasan industri Pulogadung. (Jangan lupa, kalau di Kampung Rambutan naik angkotnya yang melalui Hek, bukan jalan tol. Kalau ke hek, angkot tersebut melalui Pondokgede. Kalau ke jalan tol, di ujung jalan tol (baca: biasa disebut Ujung Aspal) justru harus naik angkot lagi yang sama, tetapi ke arah sebaliknya).

      Kalau pulangnya dari kawasan industri Pulogadung, saya naik bus Mayasari (kalau tidak salah) yang ke Kampung Rambutan. Nah, siapa tahu, bus ini pula yang berangkat dari Kampung Rambutan ke Pulogadung.

      Sebagai catatan, sepengetahuan saya, perjalanan bus ini hanya di jalan raya. Artinya, kalau mau masuk ke kawasan industri Pulogadung hanya ada ojeg motor. Kalau berjalan kaki, “jauh”.

      Soal ongkos kendaraan umum (angkot), saya kira tidak jauh berbeda dengan di Bandung.

      Ooops…, mungkin pula, bus Primajasa trayek Bandung-Pulogadung melintasi kawasan Pulogadung. (Saya tidak pernah naik bus trayek ini). Semoga ada pengunjung lain yang membantu (dan saya kira, anda pun sudah Googling pula). Semoga lancar dalam perjalanan.


  25. sayaaa mau tanya klo dari cieulrnyi ke kampung rambutan ada g?

    • buskotabandung Berkata

      Kalau bus Bandung-Kampung Rambutan harus ke Terminal Leuwipanjang terlebih dahulu. Akan tetapi kalau mau trayek dari Garut/Tasikmalaya ke Jakarta (Kampung Rambutan misalnya), orang-orang biasanya naik di dekat pintu tol Cileunyi :) Itu terminal bayangan.

  26. Anonymous Berkata

    gan kalo dari bandung (cileunyi/lw.panjang) mau ke bogor (sentul) bisa pake primjas yg jurusan apa ya? turunnya dimana? thx

  27. ronnald Berkata

    minta infonya, dari bandung ke jakarta yang lewat cempaka putih bus primajasa jurusan apa iah? thanks

  28. Dodik Berkata

    Dari kampung rambutan ke bandung naek bus apa trz ongkos brp?

  29. fajarwardhani Berkata

    Permisi, Minta infox bus damri dari arah cibiru ke arah terminal leuwipanjang paling pagi jam brapa ya n waktu brgkatx kapan aj?? Rencana mw naik bus primajasa k lebak blus,, thanks..

    • buskotabandung Berkata

      Semua trayek bus kota DAMRI di Bandung beroperasi pada pukul 06.00 WIB s.d. 17.00 WIB. Kalau pun ada yang berjalan di atas pukul 17.00 WIB, hal itu untuk menyelesaikan perjalanan sampai tujuan akhir. Rata-rata 30-60 menit sekali. Kalau pun di “terminal” tidak ada, hal itu biasanya bus sedang tersendat atau macet di perjalanan.

  30. Anonymous Berkata

    terminal pasar rebo masih ada ga katanya sudah ditertibkan

  31. egi Berkata

    gan mau nanya kalau dari daerah metro ke lw panjang naik angkot apaya ,, trus pmbrangkatan bus lw pnjang tjuan kp rambutan sore itu jam brapa aja ya . . .emergency

    • buskotabandung Berkata

      Di Jalan Soekarno-Hatta, naik bus kota DAMRI Elang-Cibiru yang ke Elang. Turun di depan seberang Terminal Leuwipanjang (Jalan Soekarno-Hatta). Namun, berdasarkan pengalaman saya, kita mesti sabar karena datangnya bus bisa jadi 30 menit sekali. Bahkan lebih. Macet.

      Kalau saya sedang butuh waktu, alternatif saya, naik angkot Elang-Gedebage yang ke Elang. Turun di Jalan Oto Iskandar Di Nata (Tegallega). Di sini naik angkot Tegallega-Cipatik. Turun di Terminal Leuwipanjang. [Turunnya hampir persis ketika kita naik bus kota DAMRI tadi. Hanya berbeda beberapa meter.]

      Bus Bandung-Kampung Rambutan sepengetahuan saya beroperasi selama 24 jam. Berangkat satu jam sekali. [Pengalaman saya ketika pergi ke Jakarta (Kampung Rambutan), saya pernah berangkat jam 3 sore, 4 sore, dan setelah maghrib. Itu kalau sore-sore karena saya juga pernah berangkat malam dini hari. Sebagai catatan, soal jam mungkin tergantung situasi dan kondisi di lapangan. Jadi, mungkin hanya ada perbedaan menit.]

  32. egi Berkata

    itu lebih jelasnya warna angkot”nya apa ya … bus apa saja ya klau sore and tarifnya berapa . .??

    • buskotabandung Berkata

      Angkot Elang-Gedebage (resminya Elang-Gedebage-Ujungberung) berwarna dasar biru muda (biru muda-putih-hijau). [Bedakan dengan angkot Stasiun Hall-Gedebage yang berwarna dasar hijau muda (hijau muda-merah-hijau tua)]

      Ongkos bus Bandung-Jakarta maksimal Rp 60.000,- an. Kalau bus ke Kampung Rambutan ya hanya Sinar Pasundan, Harum, dan apa ya satu lagi.

  33. asep Berkata

    bang maaf numpang tanya kalo dari terminal sukabumi ke tasik naik bis apa ?trus tarifnya berapa


  34. Malam. boleh numpang tanya kah?
    saya rencananya mau perjalanan pergi dan pulang menggunakan -Primajasa Lbk. Bulus-Bandung dari pool Gaplek.
    Rencananya saya mau ke jalan kebon jati atau daerah belakang pasar (deket stasiun kereta). kira2 kalo dari terminal leuwipanjang ke Kebon Jati, saya naik angkot apa ya?
    lalu kalo dari kebon jati – terminal Leuwi panjang, saya naik angkot yang sama atau beda?
    Terima Kasih.

    • buskotabandung Berkata

      Jalan Kebonjati itu ada di sebelah utara Terminal Leuwipanjang. Ibaratnya kita menghadap ke selatan. Nah Terminal Stasiun Bandung itu berada di antara Jalan Kebonjati (kanan) dan Jalan Suniaraja (kiri).

      Jauh (kira-kira 1 km) dari Terminal Stasiun Bandung ke arah kanan terdapat Jalan Pasirkaliki (ke utara) dan Jalan Gardujati (ke selatan). Sementara itu, jauh (kira-kira 70-100 meter) dari Terminal Stasiun Bandung ke arah kiri terdapat Jalan Oto Iskandar Di Nata.

      Jika anda pergi dari Terminal Leuwipanjang naik bus kota DAMRI Dago-Leuwipanjang yang menuju Dago maka suatu saat bus itu akan melewati Jalan Gardujati dan belok kanan ke Jalan Kebonjati. Belok ke kiri juga sebetulnya masih Jalan Kebonjati. [Jika anda naik bus kota DAMRI Ledeng-Leuwipanjang yang menuju Ledeng maka bus ini akan berjalan lurus dari Jalan Gardujati ke Jalan Pasirkaliki.]

      Pulangnya, jika anda berjalan dari Terminal Stasiun Bandung (“perbatasan” Jalan Kebonjati dan Jalan Suniaraja) dan berjalan sejauh 70-100 meter ke kanan (maksudnya Jalan Oto Iskandar Di Nata) maka anda akan menemukan bus kota DAMRI Ledeng-Leuwipanjang yang menuju Leuwipanjang.

      Silakan bayangkan arah mata anginnya.

  35. adip Berkata

    dari bandung ke kelapa gading naik bus apa ya min?

  36. yuli wulandari Berkata

    Permisii saya mau tanya kalau dri terminal leuwipanjang ke terminal kali deres itu bisa naik primajasa??terua jam keberangkatan dari bandung biasanya jam berapa aja?dan sekarang harga ongkosnya berapa . Makasih

  37. cevi Berkata

    Kalo dari lewi panjang bisa .ƍäªќ naik bis langsung ke pulo gadung

  38. jihan Berkata

    mau nanya bang, kalo naik primajasa dr terminal leuwi panjang ke jakarta bus yg bandung-lebak bulus atau bandung-ciliitan itu ada yg lewat MT haryono/kemang/ragunan/pasar minggu ga? makasih sebelumnya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: