Mulai Kenal Bus Kota Bandung

Bus kota. Sebutan itu biasa saya lekatkan pada bus, baik bus kota DAMRI (Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia) maupun bus AKDP/AKAP (Antar Kota Dalam Provinsi/Antar Kota Antar Provinsi).

Saya biasa membaca “bus” itu dengan kata-kata bus atau bis atau beus (bahasa Sunda). Bus (dalam bahasa Inggris dibaca bas) diterjemahkan atau diadaptasi menjadi bus atau bis. Sementara bus (dalam bahasa Belanda?) dibaca dengan logat Sunda, beus.

Saya tidak tahu secara tepat kapan mulai mengenal atau menaiki bus kota. Namun, yang jelas, di IKIP Bandung (kini UPI Bandung) saya sempat melihat bus kota DAMRI trayek Ledeng-By Pass (Soekarno-Hatta) yang sekarang menjadi bus kota DAMRI Ledeng-Leuwipanjang. Kalau pun naik bus kota, seingat saya, saya bersama keluarga dan saudara-saudara saya ketika pergi ke Majenang (Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah) dengan naik bus Aladdin trayek Bandung-Purwokerto. Saya masih ingat, sampai tahun 1990-an masih ada bus Aladdin yang moncong ke depan. Tidak kotak. Maksudnya, seperti mobil Toyota Kijang dan Jeep.

Senang juga naik bus kota, baik bus besar/menengah/kecil maupun bus ekonomi/patas. Lebih senang lagi ketika bus kota yang kita naiki mampu menyalip bus-bus lainnya. Dulu, ada juga yang ngeeennnggg…, cesss…. Suara rem angin kata orang. Ngebut tapi lihai.

2 Komentar

  1. Yunitan Teguh

    Thankx , ada juga yang apresiasi thd UABK Bandung , sama seprti saya yang hobi naik bis kota damri sejak pertama muncul th 1978, saya masih suka sama yang damri o306 kesannya klasik gitu, Ok thanks

    • Terima kasih atas kunjungannya. Nantikan cerita-cerita saya berikutnya meskipun bersifat lokal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: