Ayo Naik DAMRI

SELAMA 65 tahun melayani Indonesia, Perum DAMRI telah tumbuh dan berkembang menjadi salah satu BUMN yang sangat diperhitungkan di bidang transportasi. Dengan tekad kuat yang dilandasi semangat nasionalisme mempersatukan dan memajukan negeri dari Sabang sampai Merauke, membuat Perum DAMRI secara cepat melakukan berbagai pembenahan sekaligus melebarkan sayap bisnis hingga ke pelosok dan wilayah terpencil di tanah air.

Tentu saja upaya yang dilakukan tersebut, tidak terlepas dari visi dan misi yang diemban Perum DAMRI dalam menyediakan jasa angkutan jalan raya unggulan berkelas dunia, memuaskan pengguna jasa, pemilik DAMRI, pegawai dan masyarakat yang berkepentingan. Dengan demikian DAMRI mampu menjadi trendsetter bagi angkutan publik lainnya yang ada di tanah air.

Sejatinya upaya yang dilakukan Perum DAMRI selama ini untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat, agar dapat menikmati layanan hingga ke wilayah terpencil sekali pun. Sekaligus sebagai upaya untuk meningkatkan daya tarik investasi daerah, membuka peluang usaha dan lapangan kerja baru, meningkatkan percepatan pertumbuhan perekonomian dan kemasyarakatan, serta yang lebih penting lagi adalah mempersatukan bangsa Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau.

Harus diakui, Perum DAMRI sudah mampu memberikan warna dan menghubungkan tali silaturahmi antarwarga di mana pun mereka berada. Dalam beberapa tahun terakhir DAMRI terus melakukan pembenahan di berbagai bidang, agar mampu menghadapi tantangan perubahan lingkungan dan teknologi yang terus berkembang. Kondisi itu berdampak pada peningkatan kinerja yang cukup membanggakan. Selama 5 tahun terakhir, yakni tahun 2007, 2008, 2009, 2010 dan 2011, Perum DAMRI sudah mampu membukukan keuntungan.

Kehadiran DAMRI dalam melayani Indonesia yang hari ini Jumat (25/11) telah berusia 65 tahun, membuatnya mampu tumbuh dan berkembang sebagai sebuah perusahaan transportasi yang mumpuni dan profesional. Diminati masyarakat atau konsumen, memiliki integritas dan mobilitas tinggi, serta mampu menjalankan visi dan misinya dengan baik.

DAMRI melayani angkutan dalam kota, angkutan antarkota, angkutan pariwisata (travel), angkutan khusus bandara serta angkutan transit dan paket. Untuk pelayanan dalam jaringan trayek kota (dalam wilayah kota, ibu kota provinsi dan kabupaten), jaringan pelayanan DAMRI meliputi 13 kota besar di Pulau Jawa, Sumatera, Papua, Sulawesi, Maluku, NTT, NTB, Babel, Bali dan Kalimantan. Begitu pun untuk pelayanan dalam jaringan trayek Antar Kota Antar Propinsi (AKAP) dan Antar Kota Dalam Propinsi (AKDP).

DAMRI juga melayani angkutan perintis yaitu angkutan penumpang, yang melayani daerah-daerah terisolir atau juga sebagai pelopor bagi angkutan lain yang belum terlayani angkutan swasta seperti di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Irian. Keberadaan angkutan perintis ini merupakan salah satu komitmen DAMRI untuk tetap melayani masyarakat di wilayah terpencil sekalipun.

Khusus angkutan bandara, merupakan salah satu unggulan bagi Perum DAMRI dengan segmen pelayanan 12 trayek dari dan ke Bandara Soekarno-Hatta. Seperti Blok M, Gambir, Kemayoran, Rawamangun, Bekasi, Kampung Rambutan, Pasar Minggu, Lebak Bulus, Bogor, Lippo Cikarang, Merak, dan Jababeka. Di Surabaya melayani trayek Bandara Juanda-Tanjung Perak. DAMRI juga melayani angkutan antarnegara dengan mempelopori transportasi lintas-batas antar Negara Indonesia Malaysia, yaitu trayek Pontianak (Indonesia)-Kuching (Malaysia).

Di wilayah Bandung Raya, layanan DAMRI meliputi Cicaheum-Cibeureum, Ledeng-Leuwipanjang, Elang-Jatinangor, Dipatiukur-Jatinangor, Tanjungsari-Kebonkalapa, Cicaheum-Leuwipanjang, Cibiru-Kebonkalapa, Ciburuy-Alun-alun, dan Kota Baru Parahyangan-Alun-alun. Selain itu Perum DAMRI Bandung pun melayani trayek AKDP Bandung-Indramayu dan Bandung-Kuningan, serta angkutan khusus karyawan dan dosen Unpad.

Tentu saja berbagai upaya tersebut diarahkan untuk semakin memantapkan peran DAMRI sebagai pelayan angkutan publik yang handal dan profesional di tanah air. Ke depan pengguna DAMRI diharapkan terus meningkat, seiring semakin akrabnya masyarakat dengan layanan DAMRI. “Ingat transportasi, ingat DAMRI”. Ayo naik DAMRI. (adv/galamedia, 251111)**

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: