Srikandi yang Ditunggu-tunggu

GEBRAKAN spektakuler dilakukan Perum DAMRI Bandung pada pertengahan tahun 2011, dengan menghadirkan srikandi bus AC khusus perempuan di trayek Cibiru-Kebonkalapa. Sambutan luar biasa pun diberikan masyarakat Kota Bandung dan sekitarnya, menyambut kehadiran srikandi yang diluncurkan pada 21 Juni 2011 ini. Bahkan hampir selama sepekan, keberadaan bus khusus perempuan ini menjadi bahasan semua media cetak dan elektronik lokal maupun nasional.

Kehadiran bus khusus kaum hawa ini terasa sangat fenomenal, di tengah tingginya kasus perlakuan kurang menyenangkan terhadap mereka saat menggunakan fasilitas transportasi publik. Seperti banyaknya keluhan tindakan pelecehan seksual hingga kriminal terhadap kaum perempuan. Sebab itu beroperasinya bus khusus perempuan ini, mendapat sambutan luar biasa.

Kepala Perum DAMRI Bandung, Drs. Sadiyo mengakui, salah satu alasan mengapa DAMRI meluncurkan bus khusus perempuan ini, mengingat tingginya permintaan terutama dari kaum hawa di jalur Cibiru-Kebonkalapa, selain karena juga masalah keamanan dan kenyamanan bagi mereka saat menggunakan bus DAMRI. Sebab itu, kondektur bus ini pun seorang wanita, yang notabene lebih gampang berkomunikasi dan berinteraksi dengan pengguna jasa.

DAMRI juga secara bertahap terus melakukan rekondisi dan mengganti bus-bus ekonomi menjadi bus AC, untuk meningkatkan pelayanan dan kenyamanan kepada penumpang. “Kita juga terus berupaya menghilangkan kesan asap tebal yang selama ini dikeluhkan para pengguna jalan. Sebab itu, saya secara khsusus meminta kepada masyarakat yang menemukan ada bus DAMRI mengeluarkan asap tebal, untuk segera menghubungi DAMRI. Saat itu juga bus tersebut akan kita tarik ke pool dan digantikan bus lain,” tegas Sadiyo.

DAMRI berbunga dan megaplex

Hanya berselang 2 bulan kemudian, Perum DAMRI Bandung kembali melakukan gebrakan dengan menghadirkan “bus berbunga”. Pengoperasian bus berbunga tersebut bertepatan dengan peringatan HUT ke-66 RI pada 17 Agustus 2011. Sebanyak 70 bus AC DAMRI berbagai jurusan yang melayani Kota Bandung dan sekitarnya, tepat di bagian dashboard depan pintu masuk dihiasi aneka macam bunga.

Suasana bus DAMRI pun terasa lebih asri dan nyaman dibandingkan biasanya. Rangkaian bunga yang disimpan di atas vas bunga tersebut, sejatinya memang membuat pandangan penumpang menjadi lebih nyaman. Sebab sekarang selain penumpang dapat melihat suasana di sekitarnya, mereka pun akan disegarkan dengan hijau atau merahnya bunga.

Inovasi yang dilakukan Perum DAMRI Bandung tidak berhenti sampai di sini. Sebab hanya berselang sebulan kemudian atau tepatnya pada 29 September 2011 bertepatan dengan HUT ke-201 Kota Bandung, DAMRI menghadirkan bus megaplex di ajang Braga Festival. Saat pertama kali diluncurkan, Wali Kota Bandung Dada Rosada, mendapat kesempatan pertama menikmati bus DAMRI megaplex.

Untuk memberikan pencitraan positif Perum DAMRI Bandung melakukan berbagai kerjasama. Seperti dengan Universitas Padjadjaran dalam menyediakan bus karyawan dan dosen, Kota Baru Parahyangan, Akademi Bahasa Asing Internasional (ABAI), Axioo dalam penyelenggaraan lomba menulis artikel bagi siswa SMA, dll.

Tentu masih banyak inovasi dan kejutan lain yang akan dihadirkan Perum DAMRI Bandung. So, tunggu kejutan berikutnya, karena Perum DAMRI Bandung akan terus memberikan kejutan bagi warga Kota Bandung. (adv/galamedia, 251111)**

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: