Mengunjungi Pasar Tanjungsari Naik Bus DAMRI Tanjungsari-Kebonkalapa

Rabu, 1 Februari 2012. Siang hari itu langit sangat cerah. Bahkan sinar matahari pun cukup terik. Itulah suasana yang mengiringi saya dalam perjalanan ke luar kota Bandung menaniki bus kota DAMRI trayek Tanjungsari-Kebonkalapa.

Dalam perjalanan kali ini, saya ingin ke luar kota Bandung, tetapi tidak terlalu jauh dari kota Bandung. Tepatnya kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Sumedang. Toh kecamatan ini masih merupakan salah satu dari lima kecamatan di Sumedang yang menjadi bagian dari konsep Bandung Metropolitan.

Baru saja saya berada di Jalan Mochamad Toha, bus kota DAMRI trayek Tanjungsari-Kebonkalapa sudah berangkat. Daripada saya menunggu bus kota dengan trayek yang sama cukup lama di “terminal”-nya, lebih baik saya segera naik ke bus ini. Saya pun mulai berangkat pada jam 12.06 WIB.

Dari arah Jalan Moch. Toha, bus yang saya naiki ini berjalan menuju Jalan Pungkur, Jalan Moch. Ramdhan, Jalan Karapitan, Jalan Lauk Mas, Jalan Buahbatu, Jalan K.H. Ahmad Dahlan (dahulu Jalan Banteng), Jalan Pelajar Pejuang. Dari Jalan Pelajar Pejuang, bus ini berbalik arah ke jalan yang sama yaitu Jalan Pelajar Pejuang. Lalu, bus ini berjalan ke Jalan Buahbatu, Jalan Soekarno-Hatta, Bunderan Cibiru. Di Bunderan Cibiru, anda akan melewati “terminal” bus kota DAMRI trayek Elang-Cibiru dan “terminal” Trans Metro Bandung trayek Cibeureum-Cibiru serta “terminal” angkutan kota (angkot) trayek Cicadas-Cibiru.

Setelah melewati Bunderan Cibiru, bus ini akan melintasi Jalan Raya Cibiru (termasuk tugu perbatasan Kota Bandung dan Kabupaten Bandung), Jalan Raya Cinunuk, Jalan Raya Cileunyi (termasuk terminal Cileunyi dan tugu perbatasan Kabupaten Bandung dan Kabupaten Sumedang), Jalan Raya Jatinangor, dan Jalan Raya Tanjungsari untuk berakhir di “terminal” Pasar Tanjungsari Kabupaten Sumedang.

Sebelumnya, di kawasan Jalan Raya Jatinangor, kita akan melewati kampus STPDN, IKOPIN, Unwim/ITB, dan Unpad. Setelah melewati kawasan Unpad, pemandangan sepanjang Jalan Raya Tanjungsari cukup menakjubkan: jalan menanjak berkelok-kelok dengan hamparan lading/kebun dan gunung-gunung. Tibalah saya di Tanjungsari pada jam 13.41 WIB untuk beristirahan sejenak.

Rute Bus Kota DAMRI trayek Tanjungsari-Kebonkalapa tujuan Tanjungsari:

TERMINAL BUS KOTA DAMRI (halteu bus di Jalan Moch. Toha) => Jalan Pungkur => Jalan Moch. Ramdhan => Jalan Karapitan => Jalan Lauk Mas => Jalan Buahbatu => Jalan K.H. Ahmad Dahlan (d.h. Jalan Banteng) => Jalan Pelajar Pejuang => Jalan Buahbatu => Jalan Soekarno-Hatta => Jalan Raya Cibiru => Jalan Raya Cinunuk => Jalan Raya Cileunyi => Jalan Raya Jatinangor => Jalan Raya Tanjungsari => TERMINAL BUS KOTA DAMRI (halaman pasar Tanjungsari).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: