Rute Bus KPAD-Antapani/Antapani-KPAD yang Makin Pendek

Apakah anda pernah merasa kecewa karena bus KPAD-Antapani/Antapani-KPAD yang sudah lama ditunggu-tunggu ternyata tidak kunjung tiba? Bahkan mungkin di antara anda ada yang salah menunggu bus KPAD-Antapani/Antapani-KPAD di jalan raya? Saya kira, hampir semua pengguna bus KPAD-Antapani/Antapani-KPAD merasakan hal yang sama.

Berdasarkan pengamatan saya sebagai salah seorang pengguna bus KPAD-Antapani/Antapani-KPAD, setidaknya ada beberapa alasan, yaitu penumpang yang jarang, lalu lintas yang macet, dan adanya jalan/jembatan layang Paspati (Pasteur-Cikapayang-Surapati). Dampaknya, rute bus KPAD-Antapani/Antapani-KPAD ini tidak sebagaimana mestinya. Setidaknya hal itu terjadi dalam 5-7 tahun terakhir. Apalagi jumlah armada bus KPAD-Antapani/Antapani-KPAD yang sedikit.

Bus KPAD-Antapani/Antapani-KPAD berjenis mikrobus alias bus kecil. Bus KPAD-Antapani/Antapani-KPAD ini merupakan bagian dari Kobutri. Kalau di Jakarta, mikrobus ini seperti Kopaja, Metromini, Koantas, dan Kowanbisata. Bus KPAD-Antapani/Antapani-KPAD yang pada umumnya berwarna kuning ini dapat menampung 27 tempat duduk penumpang, belum termasuk sopir.

Nama trayek bus ini memang KPAD-Antapani/Antapani-KPAD. Namun, kalau diperhatikan akhir-akhir ini (sebetulnya sih sudah cukup lama), trayek bus ini menjadi Sarijadi-Jalan Jakarta/Jalan Jakarta-Sarijadi. Terminal atau lebih tepatnya pangkalan di Sarijadi berada di pinggir Jalan Sarimanah Raya No. 84 Sarijadi, Kota Bandung. Tepatnya beberapa meter di belakang tempat mangkalnya angkot Sarijadi-Stasiun Hall/Stasiun Hall-Sarijadi. Jadi, Terminal Sarijadi untuk bus KPAD-Antapani/Antapani-KPAD ini, selain dekat dengan angkot Sarijadi-Stasiun Hall/Stasiun Hall-Sarijadi, juga dilewati oleh angkot Sarijadi-Gegerkalong (Hilir)/Gegerkalong (Hilir)-Sarijadi dan angkot Sarijadi-Ciroyom/Ciroyom-Sarijadi.

Sebelumnya, Terminal KPAD untuk bus KPAD-Antapani/Antapani-KPAD ini berada di Jalan Pak Gatot Raya (dekat GOR-Lapangan Sepak Bola KPAD Gegerkalong Bandung). Namun, sekarang ini, bus KPAD-Antapani/Antapani-KPAD yang menuju KPAD tidak berangkat ke KPAD, tetapi memutar kembali di kawasan Kantor Kecamatan Sukasari di Jalan Gegerkalong Hilir. Bahkan seandainya sudah tidak ada penumpang, bus KPAD-Antapani/Antapani-KPAD memutar di kawasan Sarijadi melalui Jalan Sariasih II, Jalan Sarirasa, Jalan Sariasih I, dan akhirnya berhenti (ngetem) selama lebih kurang 30 menit di Jalan Sarimanah Raya.

Sesekali saya pun sempat berbincang dengan beberapa awak bus KPAD-Antapani/Antapani-KPAD. “Mengapa bus ini tidak ke KPAD lagi?” tanya saya. “Banyak uang yang tidak jelas,” jawab salah seorang awak bus. Ya, tampaknya ada biaya siluman he he he.

Lalu, Terminal Antapani-nya dimana? Bus KPAD-Antapani/Antapani-KPAD ini sesungguhnya berjalan sampai di Terminal Antapani. Namun, setelah singgah di Terminal Antapani, bus KPAD-Antapani/Antapani-KPAD yang menuju KPAD ini segera berangkat kembali ke pangkalannya di Jalan Jakarta. Terminal di Jalan Jakarta ini sebetulnya berupa halte. Ada beberapa bus kota DAMRI dan angkot yang melewati halte ini.

Kalau bercerita tentang Terminal Antapani, Terminal Antapani ini berada di sudut (pojok) antara Jalan Terusan Jakarta dan Jalan Cibatu Raya. Terminal Antapani sendiri berada di Jalan Cibatu Raya No. 1 Antapani, Kota Bandung. Di Terminal Antapani ini hanya tersedia dua trayek yaitu angkot Antapani-Ciroyom/Ciroyom-Antapani dan bus KPAD-Antapani/Antapani-KPAD.

Sementara itu, tempat mangkal bus KPAD-Antapani/Antapani-KPAD yang berada di Jalan Jakarta merupakan sebuah halte. Halte ini berada di perempatan antara Jalan Terusan Jakarta-Jalan Jakarta dan Jalan Kiaracondong (kini Jalan Ibrahim Adjie). Di halte ini pun bus KPAD-Antapani/Antapani-KPAD ngetem lebih kurang 30 menit.

Terakhir kali saya naik bus KPAD-Antapani/Antapani-KPAD ini yang menuju ke Antapani pada hari Senin, 30 April 2012 dengan ongkos Rp 3.000,- (tiga ribu rupiah). Sebagai catatan, anda jangan salah lagi untuk menunggu bus KPAD-Antapani/Antapani-KPAD ini di jalan raya. Penyebabnya, yaitu bus ini berjalan melintasi jalan/jembatan Paspati. Jika menuju Antapani, bus ini langsung masuk dari Jalan Dr. Djundjunan dan turun di Jalan Tamansari. Namun, jika terlihat macet, bus ini akan turun di Jalan Surapati. Bahkan jika turun di Jalan Tamansari, bus ini kadang melintasi Jalan Cikapayang-Jalan Dago-Jalan Diponegoro atau kadang melintasi Jalan Sulanjana-Jalan Diponegoro.

Sementara itu, jika menuju KPAD, bus ini masuk di Jalan Tamansari. Namun, jika terlihat macet, bus ini masuk di Jalan Surapati. Bus ini pun akan turun di Jalan Dr. Djundjunan.

Jika berjalan ke arah Antapani, dahulu bus ini akan melintasi Jalan Terusan Jakarta, Jalan Purwakarta, Jalan Kuningan, Jalan Cibatu Raya, dan berakhir di Terminal Antapani, maka akhir-akhir ini bus akan meluncur lurus dari Jalan Terusan Jakarta hingga Terminal Antapani. Kita harus maklum, sebagaimana cerita saya tadi, dari Terminal Antapani, bus ini segera meluncur kembali ke pangkalannya yang berada di Jalan Jakarta.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: