Dari Bandung ke Jakarta Enaknya Naik Bus Primajasa

Setiap pergi ke Jakarta, bus Primajasa selalu menjadi favorit saya. Nyaman, soalnya. Di dalam bus, meskipun masih di dalam terminal Leuwipanjang, tidak ada satu pun penjual barang yang masuk. Sebanding dengan harga tiketnya Rp 45.000,- atau Rp 50.000,- Kalau beberapa merek bus yang lain kan nggak begitu.

Meskipun ke daerah-daerah lain di Jakarta, saya sering naik bus Primajasa trayek Bandung-Lebakbulus meskipun turunnya di Jalan Pasar Rebo. Bus Primajasa ini biasa berjalan dari Terminal Leuwipanjang (Bandung) ke Terminal Lebakbulus (Jakarta). Dari jalan kota, jalan tol, dan jalan kota lagi.

Nah, ketika di Jakarta itulah, bus Primajasa keluar jalan tol lebih dahulu untuk menepikan para penumpang yang hendak pergi ke daerah-daerah lainnya di Jakarta. Bus Primajasa keluar di Pasar Rebo (Jalan Raya Bogor-Jakarta). Di Pasar Rebo inilah tersedia beberapa angkot. Bahkan ketika saya hendak pergi ke Terminal Kampung Rambutan (Jakarta), saya jarang naik bus dari Terminal Leuwipanjang (Bandung) ke Terminal Kampung Rambutan (Jakarta). Cukup di Pasar Rebo naik angkot saja menuju Terminal Kampung Rambutan. Toh harga tiket bus tidak jauh berbeda.

Setelah menepikan penumpang di Pasar Rebo, bus Primajasa masuk lagi ke jalan tol untuk melanjutkan perjalanan menuju Terminal Lebakbulus.

Ada satu pengalaman saya. Ketika naik bus Primajasa dari Bandung ke Jakarta, saya dan beberapa penumpang lain pernah diturunkan di dekat pintu tol (di kawasan Pasar Rebo). Artinya, bus Primajasa yang saya naiki tidak ke Pasar Rebo dahulu, tetapi tetap melanjutkan perjalanan di jalan tol. Namun, ini hanya sekali-kalinya pengalaman saya. Jadi, jarang-jarang atau tidak sering. Karena biasanya, bus Primajasa memang selalu ke Pasar Rebo lebih dahulu.

47 Komentar

  1. sintia lisdayanti

    assalam, mau tanya kalo dari pasar rebo ke terminal kampung rambutan naik angkot apa yaa? thx.

    • Waalaikumussalam. Dari PasarRebo (perempatan Jalan Raya Bogor) ke Terminal Kampung Rambutan, saya biasa naik angkot Kampung Rambutan-Depok. Naiknya bisa di Jalan Raya Bogor dan bisa juga di pinggir kios buah-buahan.

  2. Anonymous

    klo dari terminal kampung rambutan mau ke lebak bulus naik apa ya?

    • Ani

      naik bus kowanbisata ada kok yg warna kuning.kl ga salah nomernya 509 :)

      • Ya, saya kira demikian. Saya juga pernah naik “mikro bus” Kowanbisata trayek Lebakbulus-Kampung Rambutan. Warnanya kuning-hijau (warna dasarnya kuning. Kalau hijau hanya sedikit). Nomor trayeknya 509. Saya ingat betul, bus ini masuk ke jalur tol T.B. Simatupang.

  3. Anonymous

    InFo yang cukup berharga , semoga masuk surga , Amin :D

  4. sayaaa mau tanya klo dari cieulrnyi ke kampung rambutan ada g?

    • Kalau bus Bandung-Kampung Rambutan harus ke Terminal Leuwipanjang terlebih dahulu. Akan tetapi kalau mau trayek dari Garut/Tasikmalaya ke Jakarta (Kampung Rambutan misalnya), orang-orang biasanya naik di dekat pintu tol Cileunyi :) Itu terminal bayangan.

  5. Anonymous

    gan kalo dari bandung (cileunyi/lw.panjang) mau ke bogor (sentul) bisa pake primjas yg jurusan apa ya? turunnya dimana? thx

    • Kalau tidak salah, kemarin-kemarin saya lihat bus yang ke Sentul di Leuwipanjang. Mereknya MGI.

  6. ronnald

    minta infonya, dari bandung ke jakarta yang lewat cempaka putih bus primajasa jurusan apa iah? thanks

    • Coba bus Primajasa trayek Bandung-Pulogadung.

  7. fajarwardhani

    Permisi, Minta infox bus damri dari arah cibiru ke arah terminal leuwipanjang paling pagi jam brapa ya n waktu brgkatx kapan aj?? Rencana mw naik bus primajasa k lebak blus,, thanks..

    • Semua trayek bus kota DAMRI di Bandung beroperasi pada pukul 06.00 WIB s.d. 17.00 WIB. Kalau pun ada yang berjalan di atas pukul 17.00 WIB, hal itu untuk menyelesaikan perjalanan sampai tujuan akhir. Rata-rata 30-60 menit sekali. Kalau pun di “terminal” tidak ada, hal itu biasanya bus sedang tersendat atau macet di perjalanan.

  8. Ardia

    Kalau dari bandung ada primajasa yang ke blok M gak ? dari cileunyi atau leuwi panjang ? trimksih ..

    • Ke Kampung Rambutan saja dulu. Nanti dilanjutkan naik Kopaja ke Blok M.

  9. Anonymous

    Dari bandung terakhir jam
    brapa

  10. Anonymous

    Kalau mau kebandung nunggu bus prima jasa dari pasar rebo sebelah mananya ya? Mksh:)

    • Di Jalan Raya Bogor kan ada jalan layang (di atas). Nah kita di bawahnya. Kalau di bawah kita lagi sebetulnya ada jalan tol TB Simatupang. Saya biasa menunggu di seberang halteu busway. [Saya sudah agak lama tidak naik di sini. Selalu di pool Cililitan. Jadi, saya tidak mengetahui kabar perkembangannya di Pasar Rebo.]

      • Anonymous

        Waaah terimakasih banyak infonya:)

  11. Nur

    siang mas, saya dari bandung, mau ke kebayoran lama, kalau naik prima jasa jurusan apa?.
    trim’s

    • Sudah cukup lama saya tidak ke Lebakbulus lagi. Tapi ketika itu saya pernah ke Kebayoran Lama. Setelah bus Primajasa Bandung-Lebakbulus, di Lebakbulus saya naik angkot warna merah atau Kopaja. Saya tidak tahu trayeknya karena saat itu diberi tahu orang di sana dan juga bilang ke sopirnya. Aman-aman saja :)

      • Nur

        kalau dari kampung rambutan ke kebayoran lama bisa mas?, kalau bisa naik apa?.
        Trim’s

      • Maaf, saya belum pernah mengalaminya di Kampung Rambutan. [Kalau Googling, ada bus Kampung Rambutan-Kebayoran Lama :)] Bagaimana pun kita harus tahu perkembangannya.

  12. Anonymous

    malam mas, kira2 mas ada jadwal keberangkatan khusus primajasa pukul 02.00 pagi rute leuwi panjang-lebak bulus untuk hari senin atau tidak? ada yg bilang jadwalnya tergantung keberangkatan rute garut-lebakbulus jadi tidak tentu waktunya, trimakasih

    • Saya tidak tahu situasi terbaru. Meski setiap malam Senin Terminal Leuwipanjang ramai, bus Primajasa tetap mulai sesudah subuh. Kalau bus dari Garut kan di “terminal bayangan” sebelum pintu tol Cileunyi.

  13. Anonymous

    maaf amu tanya kalo dari terminal lw.panjang ke plaza IBCC bandung naik apa ya? thanks

  14. Me

    Selamat Siang, kalau dari Terminal Lebak Bulus ke Kebayoran Lama, naik apa?
    Trim’s

    • Coba baca lagi tanggapan di atas.

      • Anonymous

        bandung – lebak bulus biasa berapa lama ya lama perjalanannya kalo berangkat jm 5pagi dari bandung

      • Sampai Pasar Rebo jam 07.30 atau 07.45. Jadi, sampai Lebakbulus 20-30 menit kemudian. Itu kalau lalu lintas normal. Tapi kan di jalan tol TB Simatupang-nya macet.

        Kalau siang, saya pernah jam 09.00 dan di Lebakbulus jam 12 lebih. Jadi, perkiraannya kalau lalu lintas normal kira-kira 3 jam.

  15. azzaq

    mas saya mau nanya, bus dari leuwi panjang ke arah TB simatupang ada gak? misal saya harus ada di tb simatupang jam 07.30. kira kira bus apa dan jam berapa berangkat bagusnya dari bandung? thanks

    • Kalau jam 07.30 sudah ada di TB Simatupang agak susah. Apalagi kalau hari kerja. Kalau weekend (Minggu malam/dini hari misalnya) mungkin bisa. Minimal pemberangkatan jam 03.00 dengan bus Kampung Rambutan. Di Kampung Rambutan, berdasarkan pengalaman saya, saya pernah naik bus Kopaja (pokoknya bus kecil) trayek Kampung Rambutan-Lebakbulus atau Kampung Rambutan-Blok M. Saya lupa nomor busnya. Seingat saya, kedua bus itu melintasi TB Simatupang (jalan tol). Seingat saya, bus Kampung Rambutan-Lebakbulus keluar di pintu tol Jalan Ampera. Nah di luar jalan tol itu tentu ada kendaraan umum lainnya.

      [Kalau bus Primajasa Bandung-Lebakbulus lewat TB Simatupang. Namun kalau jam 07.30 tentu susah karena berangkat dari Bandung pasca-subuh (04.45-05.00). Pengalaman saya, jam 07.30 lebih, baru sampai Pasar Rebo yang berarti 15-30 menit lagi melintasi TB Simatupang.]

      • Anonymous

        Numpang tanya nih , kalo mau ke bandung dari jakarta (kebayoran lama) naek bus nya dari mana yang deket ??

      • Pertama, saya tidak begitu hafal kendaraan umum di Jakarta. Kedua, jarak dekat atau jauh di Jakarta itu bagi saya relatif. Jarak boleh jauh, tetapi kalau melalui jalan tol dalam kota atau jalan layang itu terasa dekat :) Coba cari angkutan umum ke Lebakbulus (Pasar Jumat). Nanti di sini naik bus Primajasa trayek Jakarta-Bandung (Leuwipanjang).

  16. Aan

    Punten.. Mau tanya kalo dari bandung ke tebet
    Naik apa ya? Nuhun

    • Maaf, belum bisa bantu kepastiannya. Saya coba sedikit saja. Ketika di Jakarta, saya pernah ke Tebet beberapa kali, tetapi naik mobil (baca: bukan kendaraan umum). Coba saja naik bus Primajasa trayek Bandung-Lebakbulus. Turun di Pasar Rebo (Jalan Raya Bogor). Sopir/kondekturnya suka bilang karena bus ini keluar dulu di Pasar Rebo. Pokoknya di bawah jalan layang. Nanti naik angkot 06 (bukan 06 A, meskipun kalau tahu tidak jauh beda). Turun sampai Terminal Kampung Melayu. Di sini tanya saja bus menuju Tebet. Mungkin itu saja sedikit infonya berdasarkan sedikit pengalaman saya.

  17. denni

    pak kalo dibandung mau ke Kelapa Gading Barat naik bus apa aja sama angkot apa aja

    • Maaf, belum bisa bantu. Saya pernah ke Kelapa Gading, tetapi ketika di Jakarta. Artinya, dari suatu tempat (terminal di Jakarta) ke Kelapa Gading. Namun lupa. Jadi, khawatir memberi jalan yang salah. Sudah agak lama. Apalagi saat itu malam hari. (Ketika di Jakarta, saya sering berjalan-jalan dari terminal ke terminal untuk mengetahui keadaan :)] Semoga pengunjung lain bisa membantu.

  18. putputput

    maaf mau nanya, klo dari bandung mau ke gedung PP Plaza TB. Simatupang naik bis apa ya? trus harus turun dimana ya?
    thanks.

    • Cukup sulit untuk menjelaskan Jalan TB Simatupang karena di pinggir (kiri dan kanan) jalan tol itu ada jalan raya biasa. Tentu gedung tersebut berada di jalan raya. Coba naik bus Primajasa Bandung-Lebakbulus. Bus ini akan melintasi jalan tol TB Simatupang. Bisa juga turun di Pasar Rebo dan naik bus Kopaja (bus kecil) trayek Kampung Rambutan-Lebakbulus. Bus ini juga melintasi jalan tol. Nah, maksud saya, jika sudah ke luar jalan tol, tentu ada kendaraan umum lainnya. Saya pernah turun di Jalan Ampera (setelah keluar jalan tol).

  19. yefta angello

    Gan mau tanya kalo ke bandung ada ga ya dari sarinah jakpus.tq gan

    • Belum mengalami langsung ke Bandung. Pengalaman saya biasa ke Kampung Rambutan dulu. Atau kalau main, ke Blok M dulu untuk kemudian ke Kampung Rambutan [putar-putar :)]

  20. mau tanya gan, aduh penting ini mah, kalo dari kp rambutan mau ke bnp2tki pusat di pancoran naik apa ya ke pancoran’a?? terimakasih d tunggu balasan’a gan!!!!

    • Wah Jakarta lagi ya. Tidak terlalu hafal. Sering lewat, tetapi tidak hafal pastinya. Biasanya bus-bus yang menuju Jakarta Barat. Juga, di jalan ini, khawatir masuk jalur tengah (maksudnya jalan tol kota). Dulu ada bus P6 (hijau) trayek Kampung Rambutan-Grogol, tetapi sekarang kalau tidak salah sudah tidak ada. Mungkin sekarang bisa dicoba bus Kampung Rambutan-Kalideres. Semoga tidak masuk jalan tol kota. Selain itu, saya pernah dari Kampung Rambutan naik Kopaja 57 trayek Kampung Rambutan-Blok M. Tapi turun di Jalan Mampang Prapatan. Tetapi sebelum Jalan Mampang Prapatan ada jalan menuju Pancoran. Lupa namanya. Nah di sini kalau tidak salah ada bus kecil juga, entah hijau (Kopaja) atau orange (MetroMini). Hanya itu yang saya ingat. Sekali lagi, saya tidak hafal pastinya. Biasa jalan-jalan, tetapi hanya lewat-lewat saja karena itu bukan tujuan saya ketika naik kendaraan umum.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

%d blogger menyukai ini: